Selasa, 01 Februari 2011

Kasus si idrus alqadri ketua fpi depok

Idrus bn Hasan bn Ahmad Shadieq bn Hasan Mu’allim(miekliem) bn Muhamad bn Abdullah bn Usman bn Abdurrahman bn Husin Al Qadri nasab dr idrus
Ada beberapa alasan yang menyebabkan nasab ini tertolak

1.Keluarga ini sama sekali tak ada hubungan dengan keluarga AlQadri Pontianak dan keberadaan mereka di Jakarta khususnya di Wilayah Keluarga Al Haddad Pasar minggu diketahui dengan Pasti. Mereka menyebut keluarga ini adalah keturunan Ami Muallim(Miek liem) dari Mekkah. Dimasa hidupnya Hasan Muallim ini dikenal baik oleh keluarga Al Umar Al Haddad Pasar Minggu .Beliau hidup pada Zaman anak anaknya Hb. Thoha bn Jakfar bn Thoha bn Abdullah bn Thoha bn Umar bn Alwi Al Haddad.Keluarga AlHaddad menaruh hormat pada beliau dengan memanggilnya Ammi Muallim(dalam lahja/dialek betawi mereka sebut Miek liem).Dimasa anaknya yaitu Ahmad dan juga Hasan cucunya Miek Liem mereka tak pernah mengaku Al Qadrie.Hasan bn Ahmad nikah dengan Syarifah Syekha bt Muhammad Al Jufrie asal Tegal.Saat itu Hasan mengaku sebagai seorang Syayid sehinnga terjadilah pernikahan tersebut dan mendapat beberapa anak.Saat mau nikah dengan syarifah ini Hasan mengaku Hassan bn Ahmad Asshodieq.Dimana gelar Asshodieq bukan nama keluarga/fam dalam keluarga Alawiyin.
 
2.Sebagai mana diketahui keluarga Al Haddad Pasar Minggu ini sangat rapi menjaga nasabnya.Jadi bila mereka ini syayid tentulah dimassa awal tersebut mereka akan diakui sebagai Al Qadri.Sudah menjadi satu kebiasaan dari koloni suatu keluarga Ba’Alawi akan memberi pengakuan seseorang itu syayid bilamana mereka dapat membuktikan akan kebenaran nasabnya.Namun dimasa hidupnya Miek Liem ini tidak pernah mengaku sebagai seorang syayid.


3. Setelah dari Tegal Hasan baru kembali ke Jakarta lagi.Anak anak hasan ini diantaranya Idrus dan Muhammad nikah dengan Syarifah dari keluarga Al Haddad asal Endeh NTT.Didalam pengakuan anak anaknya Hasan bn Ahmad ini yakni Muhammad /Idrus bahwa baik Ayahnya maupun kakeknya tak mengerti nasab sehingga merekalah baru mendapatkan bahwa sesungguhnya mereka itu Al Qadrie.Sangat aneh ayah dan kakek tidak tahu asal usulnya sementara anaknya lebih tahu dan paham.
 
 

1 komentar: